25 C
Jakarta
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Saham Grup Bakrie Paling Aktif!

JAKARTA, duniafintech.com – Top gainer saham hari ini kembali terkait Indeks harga saham gabungan (IHSG) yang ditutup melemah pada hari ini.

Mengutip laporan Tempo.co, berikut ini ulasan selengkapnya dari tim analis Samuel Sekuritas Indonesia.

Baca juga: Top Gainer Saham Hari Ini: Duh, IHSG Ditutup Melemah!

Apa Itu Top Gainer Saham Hari Ini?

Untuk diketahui, top gainer saham adalah saham yang cenderung ditutup dengan harga yang lebih tinggi ketimbang yang dibuka/harga penutupan sebelumnya di pasar saham.

Adapun saat indeks pasar saham naik, berkemungkinan akan ada lebih banyak pertumbuhan saham terbaik daripada losers di pasar.

Nah, di samping itu, Top gainer saham juga bisa diartikan sebagai harga emiten yang mengalami peningkatan harga paling tinggi dalam satu hari perdagangan.

Lazimnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan akan merilis laporan statistik yang berisi 10 pertumbuhan saham terbaik setiap harinya di halaman resminya.

top gainer saham hari ini

Berita Top Gainer Saham Hari Ini

Seperti disinggung di atas, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan sesi pertama hari ini, Jumat (23/9). Indeks ditutup di posisi 7.187,8. Tim analis Samuel Sekuritas Indonesia menuturkan. IHSG 0,4% lebih rendah ketimbang angka penutupan Rabu (21 September) lalu.

Adapun selama perdagangan sesi I, indeks sektor transportasi (IDXTRANS) menjadi indeks  dengan penguatan tertinggi mencapai 0,89%. Sementara itu, posisi kedua diisi indeks sektor consumer non cyclical (IDXNONCYC) yang menguat 0,58%, dibayangi oleh indeks sektor consumer cylical (IDXCYCLIC) yang naik 0,28%. 

Di lain sisi, indeks sektor teknologi (IDXTECHNO) menjadi indeks sektoral yang menutup sesi pertama hari ini dengan kelesuan terdalam. Indeks menurun 1,08%, dibayangi oleh indeks sektor properti (IDXPROPERT) yang melemah 1,03% dan indeks sektor energi (IDXENERGY) yang amblas 1%.

Untuk diketahui, ada 296 saham yang menguat di perdagangan sesi pertama, kemudian 240 melemah dan 184 stagnan. Untuk nilai transaksinya diketahui mencapai Rp9 triliun, dengan frekuensi trading sebanyak 880.438 kali dan volume trading 169,1 juta lot.

Baca juga: Top Gainer Saham Hari Ini, Simak Info dari Samuel Sekuritas

Saham tambang batubara Grup Bakrie, Bumi Resources (BUMI), menjadi saham yang paling aktif diperdagangkan di sesi pertama hari ini, dengan frekuensi transaksi mencapai 18.686 kali, diikuti SMDM 23.081 kali dan SOCI 22.838 kali. Dari sisi volume, saham BUMI menjadi yang terbanyak diperdagangkan di sesi pertama hari ini, dengan volume mencapai 36,3 juta lot, diikuti BIPI 9,1 juta lot dan CARS 6,8 juta lot. 

Di Amerika, bursa saham pun tidak kalah lesu. Adapun Dow Jones ditutup melemah 0,35%; disusul S&P500 turun 1,84% dan Nasdaq 1,37%. Pasar saham Amerika telah melemah tiga hari belakangan ini, sejalan dengan menguatnya kekhawatiran investor bahwa kebijakan kenaikan suku bunga Fed yang agresif akan mendorong ekonomi ke dalam resesi. 

Di samping itu, sejumlah pasar Asia pun cenderung melemah. Pada akhir sesi pertama hari ini, Shanghai terpantau turun 1%. Demikian halnya dengan Hang Seng melorot 0,8%, Kospi 1,8% dan STI 0,8%. 

5 Besar Top Gainer Saham Hari Ini (Sesi I)

Lima (5) besar top gainer sesi pertama hari ini adalah sebagai berikut:

  1. SRAJ (+32% ke Rp132 per saham)
  2. KJEN (+24,2% ke Rp200 per saham)
  3. INRU (+22,3% ke Rp820 per saham) 
  4. GPSO (+21,7% ke Rp157 per saham)
  5. YPAS (+18,4% ke Rp940 per saham) 

5 Besar Top Loser Hari Ini (Sesi I)

Di lain sisi, inilah lima (5) besar top loser sesi pertama hari ini :

  1. SMDM (-6,9% ke Rp402 per saham)
  2. FPNI (-6,9% ke Rp324 per saham)
  3. HOMI (-6,7% ke Rp494 per saham) 
  4. DEWI (-6,6% ke Rp224 per saham) 
  5. SATU (-6,5% ke Rp71 per saham) 

Sekian ulasan tentang top gainer saham hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Joss! Emiten Properti Ini Duduki Top Gainer Saham Hari Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,513FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles