25 C
Jakarta
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Jenis Investasi Modal Kecil yang Datangkan Cuan, Dilirik Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi modal kecil menjadi dambaan setiap orang. Sekarang ini, ada banyak instrumen investasi yang ditawarkan.

Mulai dari investasi yang modal kecil, hingga besar sekalipun. Investasi bisa menjadi salah satu passive income yang menarik apabila Anda tekun dan konsisten menjalankannya. 

Di samping itu, investasi juga tidak memakan waktu. Ini bisa kamu lakukan di mana saja. Dalam berinvestasi, modal yang paling utama adalah niat dan pengetahuan yang mumpuni. 

Berikut ini, ulasan mengenai investasi modal kecil yang bisa anda jalani untuk datangkan cuan. Semoga berhasil ya. 

Baca juga: Investasi Modal Kecil Buat Nambah Income, Ini Pilihannya

Memahami Apa Itu Investasi

Pada dasarnya, investasi merupakan satu di antara faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Investasi pun boleh dikatakan sebagai sebuah upaya penanaman modal. 

Dengan demikian, pengertian investasi adalah suatu aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan yang maksimal. 

Pihak atau orang yang melakukan investasi biasa disebut dengan investor. Investor, menurut Nila Firdausi Nuzula dan Ferina Nurlaily dalam buku “Dasar-Dasar Manajemen Investasi” bisa diartikan sebagai pihak yang melakukan investasi, dengan cara membeli aset keuangan dan mengarapkan kenaikan harganya ketika ia hendak menjual aset nantinya. 

Para ahli juga ikut mendefinisikan pengertian apa itu investasi. Menurut Reilly & Brown, investasi berarti kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu pada masa sekarang dengan tujuan untuk mendapatkan penerimaan suatu saat nantinya. 

Sementara Dornbusch mendefinisikan investasi sebagai pengeluaran yang disediakan untuk meningkatkan/mempertahankan komponen-komponen barang modal.

Bodie, Kane, & Marcus juga mengartikan investasi sebagai kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang atau sumber daya berharganya sekarang ini dan menahannya sampai dengan waktu yang ditentukan supaya nantinya menerima keuntungan atau laba.

Jenis Investasi Modal Kecil yang Datangkan Cuan

Inilah investasi modal kecil yang bisa menguntungkan buat kamu, di antaranya:

1. Investasi Modal Kecil di Sektor Properti

Properti bisa menjadi pilihan investasi jangka panjan yang akan memberikan anda keuntungan di masa mendatang. Memilih properti yang tepat akan memberikanmu keuntungan jangka panjang untuk membantu kamu membangun aset dengan keuntungan passive income. 

Dalam memilih properti, kamu harus memilih properti dengan prospek menjanjikan di masa mendatang seperti potensi keramaian atau bisnis yang akan muncul sehingga harga sewa dapat meningkat sehingga diikuti juga dengan kenaikan harga properti anda.

Properti menjadi salah satu instrumen investasi masa kini yang bisa diakses dengan modal 1 jutaan lewat crowdfunding properti yang memberikan kamu kesempatan untuk ikut patungan membangun sebuah properti yang bisa memberikanmu keuntungan jangka panjang.

investasi modal kecil

2. Investasi Modal Kecil di Sektor Agribisnis

Negara kita, Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat besar di masa mendatang. Berinvestasi lewat pertanian bisa menjadi pilihan tepat dan bisa memberikan keuntungan besar di masa mendatang.

Apabila anda tidak memiliki kemampuan untuk mengelola secara langsung pertanian yang anda miliki, anda bisa berinvestasi lewat crowdfunding yang memberikan anda kesempatan untuk melakukan patungan membangun bisnis pertanian dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

3. Emas

Menyimpan uang dalam bentuk emas merupakan salah satu investasi yang bisa anda lakukan untuk menjaga uang anda agar tidak tergerus inflasi dan mengalami penurunan harga. Selain itu emas juga memiliki potensi kenaikan nilai dari tahun ke tahun sehingga bisa memberikan anda keuntungan.

Kini akses investasi emas semakin mudah karena adanya platform yang memberikan akses untuk membeli emas secara online sehingga investasi emas anda bisa dilakukan dengan lebih mudah.

4. Investasi Modal Kecil dengan Saham

Saham merupakan instrumen investasi menguntungkan untuk masa depan anda karena saham bisa memberikanmu keuntungan berupa deviden dan capital gain sehingga bisa membantu kamu memiliki aset menguntungkan untuk masa depan.

Agar lebih aman, anda bisa mulai dengan saham blue-chip yang harganya cenderung stabil sehingga memperkecil resiko kerugian yang mungkin muncul di masa mendatang. Kini akses bursa saham semakin mudah karena perkembangan teknologi dan informasi. Karena tidak ada lagi alasan anda untuk tidak berinvestasi.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil: 6 Instrumen buat Investor Pemula

4. Reksa Dana

Reksa dana juga merupakan investasi yang cocok untuk anda yang tidak punya waktu dan kemampuan untuk mengatur sendiri aset investasi karena dana yang anda miliki akan diatur oleh seorang manajer investasi.

Sistem ini membuat investasi anda menjadi lebih mudah dan minim resiko karena investasi akan ditangani oleh pihak yang sudah memiliki pengalaman dalam mengatur investasi agar bisa memberikan keuntungan yang optimal.

Reksa dana kini semakin mudah untuk anda akses karena sudah banyak tersedia platform investasi online yang menyediakan reksa dana untuk aset investasi menguntungkan anda.

5. Obligasi

Obligasi atau surat utang merupakan jenis instrumen dengan potensi keuntungan jangka panjang. Obligasi akan membrikan kamu keuntungan berupa bunga atau kupon obligasi pada akhir periode obligasi.

Keunggulan lain dari instrumen ini adalah kemudahan untuk dijual kembali di pasar sekunder sehingga bisa dicairkan apabila memang dibutuhkan. Obligasi merupakan investasi dengan resiko minim dan bisa memberikanmu keuntungan di masa mendatang.

6. Deposito

Deposito merupakan instrumen dengan jangka waktu investasi beragam sehingga bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang maupun pendek. Semakin lama periodenya maka biasanya akan semakin besar juga penawaran bunga deposito. 

Deposito ini memiliki risiko sangat kecil sehingga cocok untuk pemula yang ingin mulai menyusun rencana keuangan jangka panjang. Akan tetapi risiko yang kecil ini juga diikuti dengan potensi keuntungan yang bisa dibilang tidak begitu besar juga. Karena kamu tidak boleh lupa konsep “high risk high return dalam berinvestasi”.

7. P2P Lending

Sistem ini berbasis online yang berpotensi memberikan anda keuntungan dengan meminjamkan dana anda kepada pihak membutuhkan dana dan akan mendapatkan keuntungan berupa bunga pinjaman.

Konsep pemberian pinjaman dalam peer-to-peer lending memberikan anda kesempatan untuk investasi dengan modal kecil karena pendanaan akan dihimpun dari berbagai investor dalam cakupan yang sangat luas.

8. Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding merupakan jenis pendanaan kepada bisnis berbasis ekuitas yang akan memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang. Berinvestasi lewat equity crowdfunding memberikan anda bagian kepemilikan dari sebuah bisnis yang telah anda danai.

Lewat sistem ini, anda akan mendapatkan bagian kepemilikan sehingga anda berhak mendapatkan keuntungan berupa deviden saat bisnis untung dan capital gain karena potensi kenaikan harga saham dari bisnis yang anda miliki.

9. Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan: Investasi Aset Crypto

Investasi modal kecil yang menguntungkan selanjutnya adalah investasi aset crypto. Instrumen investasi yang satu ini menjadi favorit masyarakat dunia. 

Kripto, seperti Bitcoin dan kripto lainnya menjadi pilihan yang menggiurkan dengan keuntungan yang lumayan. Ini dapat menjadi pilihan untuk menambah passive income. 

Cryptocurrency atau kripto adalah sebuah mata uang digital yang dijamin dan diawasi oleh Cryptography, sebuah sistem yang melindungi data dari ancaman keamanan seperti hacker.

Dengan perlindungan yang sulit ditembus, aset virtual ini sangat sulit untuk dimanipulasi. Berbeda dengan mata uang konvensional, tidak mempunyai bentuk fisik sama sekali. Selain itu, mata uang ini cuma bisa kamu gunakan sebagai alat transaksi di pasar online dan instrumen investasi. 

Meskipun cuma ‘sah’ digunakan sebagai alat transaksi di dunia maya saja, kamu masih bisa menukar Cryptocurrency dengan mata uang fiat seperti Rupiah, Yen, Dollar, dan lain-lain.

Namun yang terpenting dalam investasi crypto adalah crypto exchange yang tepat. Di Indonesia, Indodax menjadi salah satu platform unggul dengan berbagai layanan menarik, selain itu ini juga cocok buat para pemula. Di platform crypto exchange ini, Anda bisa memulai investasi mulai dari modal Rp 10 ribu saja. 

Itulah jenis investasi modal kecil yang menguntungkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. 

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil dengan 6 Instrumen Investasi Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,513FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles