25 C
Jakarta
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Kasus Pembunuhan di Mamika, Meminta HAM Untuk Melakukan Investigasi Khusus

Terkait kasus pembunuhan yang kejam di Mamika, keluarga korban meminta kepada pihak HAM agar melakukan investigasi  kasus pembunuhan dan mutilasi empat warga di Timika, Kabupaten Mimika, Papua pada 22 Agustus 2022 lalu.

Atas permintaan tersebut, anggota DPR menyampaikan bahwa, permintaan keluarga korban itu telah disampaikan tim DPR Papua kepada komisioner Komnas HAM RI, Choirul Anam. Kedua pihak bertemu di Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua di Kota Jayapura, Senin (12/9/2022) petang.

“Saya bersama anggota tim DPR Papua, Las Nirigi dan Namantus Gwijangge, telah menyampaikan permintaan keluarga korban kepada Pak Choirul Anam. Kami sampaikan itu karena ini amanah keluarga korban kepada kami saat kami ke Timika,” kata Laurenzus Kadepa saat menghubungi Jubi, Senin (12/9/2022) malam.

Laurenzus Kadepa mengatakan tim DPR Papua juga meminta Komnas HAM RI mengawal setiap tahapan proses dalam kasus pembunuhan itu, terutama saat para tersangka disidangkan.

Sebab enam tersangka oknum TNI rencananya disidangkan di Mahkamah Militer Jayapura dan Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat persidangan yang jauh dari Mimika, menyebabkan keluarga khawatir putusan hukum nantinya, tidak ada memberikan rasa keadilan terhadap mereka.

“Selain itu, kami harap Komnas HAM RI, DPR Papua, Kompolnas, TNI, Polri, dan semua lembaga yang selama ini dapat menjalin kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik, tetap mempertahankan situasi itu, sampai proses hukum benar-benar memberikan rasa keadilan kepada keluarga korban,” ujarnya.

Katanya, tim DPR Papua mengapresiasi Komnas HAM RI, yang sudah menjadikan kasus pembununan dan mutilasi itu sebagai atensi mereka.

“Kemungkinan dalam pekan ini Komnas HAM RI akan ke Timika, bertemu dengan berbagai pihak di sana. Kami harap proses kasus ini tidak mengecewakan keluarga korban,” katanya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,513FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles