Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya di Provinsi Papua pada Kamis mengirim tim yang terdiri atas 11 tenaga medis untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak kekeringan di Distrik Kuyawage.

“Hari ini kami memberangkatkan peralatan medis dengan tenaga, sudah terjun di sana untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Penjabat Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa di Wamena, Kamis dilansir Antara

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten akan mengatur penugasan tenaga medis di Distrik Kuyawage. Setelah bertugas selama beberapa minggu, tim medis akan ditarik dan diganti dengan tim yang lain.

“Kita sudah atur itu setiap beberapa minggu sekali akan diganti,” kata Petrus.

Penjabat Bupati mengatakan bahwa ada empat orang yang dilaporkan meninggal dunia di Distrik Kuyawage, tetapi belum diketahui pasti penyebabnya.

“Untuk kebenarannya kami belum menerima laporan tertulis atau laporan dari lapangan apakah meninggal karena bencana atau alami,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa selain mengirim tim medis, pemerintah kabupaten membentuk posko penanganan dampak bencana dan menyalurkan bantuan bahan makanan kepada 548 kepala keluarga yang terdampak kekeringan di Distrik Kuyawage.

“Kami telah membentuk posko darurat. Saya ketua, dibantu Dandim Jayawijaya, Kapolres Lanny Jaya, Sekda Lanny Jaya, dan beberapa (pejabat) bidang lain,” katanya.

 mengatakan, pemerintah daerah berencana membuka rekening bantuan untuk memudahkan penyaluran bantuan bagi warga yang terdampak bencana.

Kepala Kepolisian Resor Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay mengatakan, kepolisian resor bersama komando rayon militer siap membantu pendistribusian bantuan ke Kuyawage.

Baca juga  Kemandirian daerah lebih penting daripada Otsus

​​​​​​”Kita selalu antar ke sana, jalan darat, antar sampai Pegunungan Kuyawage. Barang ditampung di situ, nanti dibagi sama gembala-gembala gereja. Kita baru sampai di Pegunungan Kuyawage, belum sampai masuk ke sana tetapi kita tetap pantau,” katanya.

Baca juga  Propam Polda Papua sudah Periksa Danki D Brimob soal Pembacokan Bripda Diego

Komandan Distrik Militer 1702/Jayawijaya Letkol CPN Atenius Murip mengatakan bahwa TNI juga siap membantu pemerintah daerah mengangkut bantuan ke daerah terdampak bencana.

“Kita akan mengangkut bantuan dari Wamena (Kabupaten Jayawijaya)-Lanny Jaya dan kami akan distribusikan,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.