Panasnya hubungan Rusia dan Amerika Serikat (AS) terasa hingga Bali. Hal ini menyusul pernyataan keras dari Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen yang menyebut Rusia tidak ada tempat dalam pertemuan G20.

Besok, di Bali akan ada pertemuan ketiga Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG), selama dua hari.

Seluruh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dijadwalkan hadir, baik secara fisik maupun virtual. Yellen sendiri telah tiba di Bali dan sore ini memberikan keterangan kepada media.

“Tindakan Rusia bukanlah tindakan pemerintah yang sesuai norma dan hukum internasional, perwakilan dari rezim Putin tidak memiliki tempat dalam forum ini, kami berdiri teguh dengan rakyat Ukraina dan saya berharap akan menyambut menteri keuangan Ukraina untuk g 20 pertemuan besok,” kata Yellen.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov akan hadir secara virtual dalam pertemuan tersebut. Sementara untuk level deputi, Rusia dipastikan hadir secara fisik.

Sementara itu Menteri Keuangan Ukraina Serhii Marchenko juga dijadwalkan hadir secara virtual untuk menyampaikan pandangan terkini terhadap perekonomian dunia.

Pada pertemuan sebelumnya, di Washington DC, tiga negara, yakni Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Kanada melakukan aksi walk-out terkoordinasi dari pertemuan G20 saat perwakilan Rusia menyampaikan pandangan.

 

Langkah itu diambil sebagai bentuk protes atas serangan Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.