Terdengar Lagi, Proyek Kereta Cepat JKT-SBY Muncul Lagi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan rencana pembangunan kereta semi cepat Jakarta – Surabaya. Rencananya dalam waktu satu tahun ini akan dilakukan uji kelayakan atau feasibility study.

“Feasibility study itu berarti kita akan mengukur secara cermat bagaimana kondisi di lapangan bagaimana trase yang akan dilanjutkan. itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun,” kata Menhub dalam Konferensi Pers, Rabu (22/6/2022).

Adapun jalur kereta akan dibuat lurus dari Jakarta – Surabaya, dengan memanfaatkan jalur yang sudah ada saat ini.

“Kita ketahui bahwa KA semi cepat itu satu upaya realignment jalur yang sudah ada. Artinya kita akan buat satu lintasan yang lebih datar dan tidak meliuk. Jadi praktis lebih lurus pada kota Jakarta sampai Surabaya,” katanya.

Selain itu juga akan dibangun jalur kereta layang di beberapa kota seperti di Cirebon, Pekalongan, dan Semarang. Supaya tidak menjadi lintasan sebidang atau perpotongan antara jalur kereta api dengan jalan.

“Tercatat Jakarta – Surabaya ada hampir 800 lintasan sebidang resmi yang harus kita selesaikan,” katanya.

Selain itu menhub juga membeberkan rencana pembangunan ini akan dilakukan secara dua tahap. Dimulai dari trase Jakarta – Semarang yang dilanjut dari Semarang – Surabaya. Dimana membutuhkan waktu pelaksanaan pembangunan 2 – 4 tahun.

“Mengenai waktu dalam waktu 1 – 2 tahun kita finalisasi berkaitan dengan Feasibility Study artinya detail realignment kereta api itu sendiri. dan waktu pelaksanaan sekitar 2 – 4 tahun,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.