30.5 C
Jakarta
Friday, December 9, 2022
spot_img

Mulai Dibangun, Ini Dia Proyek Kereta Gantung di Ibu Kota Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, berencana menerapkan kereta gantung atau hanging train di Ibu Kota Baru Nusantara di Kalimantan Timur. Ibu kota baru rencana secara resmi mulai dibangun Agustus 2022, tapi pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan waduk sudah dikerjakan.

Budi Karya menjelaskan saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang, dia melihat salah satu moda transportasi untuk tempat wisata hingga perkantoran, ia akhirnya dia berinisiasi untuk menerapkan moda ini di IKN.

“Kemungkinan hanging train ini bisa diterapkan di IKN yang bisa ditempatkan sebagai alat transportasi berbasis listrik yang sangat environmental friendly,” kata Budi Karya dalam Konferensi Pers, Rabu (22/6/2022).

Namun dia belum memutuskan akan menggunakan teknologi Jepang untuk mengadaptasi kereta gantung ini di IKN. Yang jelas menurut dia transportasi ini cocok untuk diterapkan di IKN yang menerapkan visi ramah lingkungan dan tempat pariwisata seperti di Bali.

Selain itu Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini juga menjelaskan dalam kunjungannya bertemu pihak pemerintah dan swasta Jepang juga membahas kemungkinan kegiatan infrastruktur lainnya di wilayah IKN.

“Untuk IKN kita bahas kemungkinan apa saja yang mau dilakukan, mulai dari kegiatan kereta api, kegiatan perkapalan yang ada disana. karena memang dua hal ini menjadi domain dari Kemenhub,” katanya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,601FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles