6 Obat Alami Sakit Gigi yang Ada Didalam Rumah

Obat sakit gigi alami ternyata mudah ditemukan di sekitar Anda. Nyeri di gusi dan mulut akibat sakit gigi tentu membuat Anda tak nyaman saat makan. Bahkan, sakit gigi juga bisa memengaruhi suasana hati seseorang.

Sakit gigi umumnya terjadi karena ada masalah pada gigi dan mulut sehingga menimbulkan rasa sakit yang hebat. Sakit gigi bisa disebabkan apa saja, mulai dari sisa makanan yang tersangkut di gusi, gigi berlubang, infeksi bakteri, dan sebagainya.

Obat Sakit Gigi Alami
Perlu diketahui, ada pulpa yang terdapat di dalam gigi sebagai bagian lunak berisi saraf, jaringan, serta pembuluh darah. Bagian saraf pada pulpa termasuk bagian yang paling sensitif dari tubuh Anda.

Saat saraf ini mengalami infeksi atau iritasi bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat parah. Jika sakit gigi menyerang secara mendadak, Anda tidak perlu panik. Untuk meredakan rasa cenat-cenut akibat sakit gigi, Anda bisa bisa mencoba 6 obat sakit gigi alami berikut ini.

Air Garam

Jika belum sempat berobat ke dokter gigi, Anda bisa mencoba meredakan rasa cenat-cenut menggunakan air garam untuk berkumur. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat.

Anda bisa berkumur dengan larutan air garam untuk beberapa saat. Setelah itu, gunakan benang gigi secara perlahan di sekitar gigi yang sakit untuk membuang sisa makanan yang mungkin terselip.

Kompres Air Dingin

Selain berkumur dengan air garam, Anda bisa mencoba meredakan rasa cenat-cenut akibat sakit gigi dengan kompres air dingin. Anda tinggal menempelkan kompres air dingin di area pipi untuk meredakan sakit gigi.

Es Batu
Obat sakit gigi alami lainnya yang mudah ditemukan adalah es batu. Mirip seperti kompres air dingin, es batu juga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda bisa gosok dan kompres area yang sakit menggunakan es batu selama kurang lebih 10 menit atau sampai area tersebut mati rasa. Para peneliti percaya bahwa es batu mampu menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

Bawang Putih
Bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang bisa Anda temukan di dapur. Bawang putih mengeluarkan senyawa allicin ketika dipotong, yakni cairan berminyak yang bersifat antibakteri. Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa mengunyah bawang putih atau menempelkan potongannya di area gigi yang sakit.

Lemon
Antiseptik dan antibakteri yang terdapat pada lemon dipercaya mampu mengurangi rasa cenat-cenut akibat sakit gigi. Rasa asam pada lemon cukup efektif untuk mengobati sakit gigi.

Lemon menjadi salah satu bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya cukup mudah, Anda tinggal gunakan perasan lemon dan campurkan dengan sedikit air, lalu tempelkan larutan tersebut ke gigi yang sakit dengan menggunakan kapas.

Daun Jambu Biji
Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah daun jambu biji. Daun jambu biji disebut memiliki kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan rasa cenat-cenut akibat sakit gigi.

Menggunakannya pun cukup mudah, Anda bisa mencuci bersih daun jambu biji dan mengunyahnya. Selain itu, Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur dengan cara memasukkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke dalam air mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.