30.5 C
Jakarta
Friday, December 9, 2022
spot_img

Serem! Ramalan Matahari Mati & Nasib Manusia di Bumi

Beberapa astronom memprediksi matahari saat ini menuju ‘kematiannya’. Setidaknya pusat tata surya itu kemungkinan akan berusia lima miliar tahun lagi, dan pada saatnya tiba ada kemungkinan bumi tidak terselamatkan.

Hal tersebut berdasarkan prediksi sejumlah astronom dalam jurnal yang diterbitkan di Nature. Mereka menyimpulkan ada kemungkinan planet Jupiter bertahan saat Matahari mati nanti.

Sebab mereka menemukan sistem tata surya di dekat pusat Bimasakti dengan kasus serupa. Pengamatan itu menggunakan WM Keck Observatory di Hawaii, dikutip Cnet, Jumat (22/10/2021).

Joshua Blackman yang merupakan penulis utama dan peneliti post doctoral University of Tasmania Australia, mengatakan bukti ini menjadi penegasan planet yang mengorbit dengan jarak jauh akan tetap hidup setelah kematian matahari.

“Mengingat bahwa sistem ini adalah analog dengan tata surya kita sendiri, ini menunjukkan bahwa Jupiter dan Saturnus mungkin bertahan dari fase raksasa merah Matahari ketika kehabisan bahan bakar nuklir dan menghancurkan diri sendiri,” kata dia.

Mengingat adanya temuan ini, pindah ke bulan Jupiter atau Saturnus bisa menjadi pilihan manusia jika masih ada. Hal ini diungkapkan rekan penulis, David Bennet yang berasal dari University of Maryland dan NASA Goddard Space Flight Center.

Namun Bennett menambahkan masalah tidak langsung selesai begitu saja. Karena kepindahan itu berarti manusia tidak bisa lagi mengandalkan panas Matahari sebagai katai putih untuk beberapa waktu berikutnya.

Matahari diprediksi akan berada dalam beberapa proses selama menuju kematiannya. Misalnya berkembang menjadi raksasa merah, yang disebut NASA sebagai waktu paling kejam dalam kehidupan bintang. Saat itu tiba, Bumi akan tidak bisa dihuni dan kemungkinan hancur.

Lalu berikutnya Matahari mengendap dan menjadi katai putih. Ini adalah bintang mati yang mendingin dan memudar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,601FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles