30.5 C
Jakarta
Friday, December 9, 2022
spot_img

Mengenal Profesi Jesse Choi, Suami Maudy Ayunda

Akhir pekan lalu, aktris dan penyanyi Maudy Ayunda mengumumkan pernikahannya. Suaminya adalah Jesse Choi, Entrepreuner-in-Residence di perusahaan modal ventura AC Ventures. Lalu, apa itu Entrepreuner-in-Residence?

Perusahaan tempat Jesse bekerja, AC Ventures, adalah sebuah modal ventura (VC) yang fokus berinvestasi di startup Indonesia. AC Ventures adalah hasil penggabungan dari dua VC, Agaeti Ventures yang digawangi oleh Pandu Sjahrir dan Convergence Ventures yang didirikan Adrian Li.

Beberapa startup yang pernah menikmati modal Agaeti antara lain adalah aplikasi kencan Coffee Meets Bagel dan perusahaan co-working CoHive. Adapun, Convergence Ventures tercatat sebagai investor di Xendit, Moka, dan Dekoruma.

Startup yang sahamnya dimiliki AC Ventures cukup beragam dari platform jual beli hasil laut Aruna, platform investasi Stockbit-Bibit, hingga startup pencatatan keuangan BukuWarung.

Model bisnis VC adalah mengelola modal yang dititipkan oleh institusi keuangan, keluarga konglomerat, perusahaan, individu, hingga VC lain untuk ditanamkan ke perusahaan rintisan atau startup.

Pendiri startup, yang dikenal sebagai founder, membutuhkan VC untuk mendanai ide bisnis mereka. Founder mengirim rencana bisnis (deck) mereka. Jika tertarik, mereka akan diminta untukmempresentasikannya di hadapan tim VC. Jika tim VC merasa cocok dengan sang pendiri, modal dikucurkan dengan imbalan saham di startup.

Entrepreuner-in-Residence (EIR), justru sebaliknya. Alih-alih tertarik dengan model bisnis startup, investor merasa cocok dengan “orang”nya. Meskipun, mereka belum punya proyek atau ide bisnis yang nyata.

Biasanya, VC berkomitmen untuk mendanai perusahaan yang dalam masa depan dirintis sang EIR. Selagi menanti EIR mulai membangun startup, perannya lebih sebagai konsultan. Pengalaman EIR menjadi founder atau sebagai eksekutif di perusahaan besar, digunakan untuk membantu startup lain yang sudah masuk ke dalam portofolio VC.

Dunia investasi startup tentu tak asing bagi Maudy Ayunda, yang telah diumumkan sebagai salah seorang investor di Segari, perusahaan e-grocery. Patut ditunggu, apakah Jesse bisa merayu Maudy untuk ikut terlibat sebagai investor di startup-nya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,601FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles